Rabu, 04 April 2012

PENGERTIAN DAN FUNGSI GUDANG

  Gudang dapat didefinisikan sebagai teempat yang dibebani untuk menyimpan barang yang akan digunakan dalam produksi sampai barang diminta sesuai dengan jadwal. Selain itu gudang juga dapat digunakan sebagai sarana atau tempat jual beli (pasar)hasil produksi. Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan. Apakah perusahaan akan menggunakan gudang untuk komersial atau lebih baik digunakan sendiri.

       Dalam perdagangan gudang digunakan untuk pelayanan beberapa konsumen yang berbeda-beda dan secara umum, mempunyai tenaga kerja yang cukup serta perlengkapan yang mendukun dan dengan jarak yang strategis. Penyimpanan ini bertujuan untuk kepuasan konsumen atau pengguna, penyimpanan dilakukan dalam batas waktu yang lama maupun bats waktu yang pendek sesuai kebutuhan konsumen. Keuntungan yang di peroleh dari komersial gudang adalah keluwesan  ( flexibility). Selain sebagai  penyimpanan produk gudang juga mempunyai beberapa misi atau tugas.
Dalam jaringan distribusi pamasaran, gudang mempunyai beberapa misi, yaitu
a.       Menjaga persediaan yang digunakan sebagai penyeimbang dan               penyangga(buffer) dari variasi antara penjadwalan produksi dan permintaan.
b.      Gudang sebagai penyalur dalam sebuah daerah pesanan dengan jarak transportasi terpendek dan untuk menberikan jawaban cepat akan permintaan pelanggan.
c.       Gudang digunakan sebagai tampat akumulasi dan menguatkan produk dalam kegiatan produksi dan pendistribusian.

      Gudang sebagai tempat penyimpanan produk untuk memenuhi permintaan pelanggan secara cepat mempunyai fungsi di antara penerimaan dan pengiriman produk.
Fungsi-fungsi pokok gudang antara lain adalah:
a.       Penerimaan dan pengiriman.
b.      Pengidentifikasian dan penyaringan.
c.       Penyimpanan.
d.      Pemilihan pesanan.
e.       Pengepakan.
f.       Perawatan produk

Pada umumnya gudang perusahaan berada dalam ruangan pada suatu pabrik, namun sekarang lapangan tebuka jga dapat dijadikan gudang tergantung dengan barang apa yang akan diletakan atau disimpan di lapangan tersebut.
Kita dapat membedakan macam-macam gudang menerut karakteristik material yang disimpan, yaitu:
1.      Penyimpanan bahan baku
Gudang akan menyimpan setiap material yang dibutuhkan atau digunakan untuk proses produksi. Lokasi gudang umumnya berada di dalam bangunan pabrik, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya gudang karena tidak memerlukan bangunan khusus untuk dijadikan gudang.
2.      Penyimpanan barang setengah jadi
Dalam industry manufaktur, kita sering menemui bahwa benda kerja harus melalui beberapa macam operasi dalam pengerjaanya. Prosedur demikian sering pula harus terhenti karna dari suatu operasi berikutnya waktu pengerjaan tidak lah sama. Akibatnya, barang atau material harus menunggu sampai atau operator berikutnya siap mengerjakanya.
3.      Penyimpanan produksi jadi
Gudang ini disebut pula gudang dengan fungsi menyimpan produk-produk yang telah jadi atau telah selesai dikerjakan. Didalam penggudangan ini ada produk yang tahan lama dan sebaliknya. Dan bentuik gudang ini tergantung pada variasi yang berbeda-beda, seperti: lingkaran,persegi dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar